Kepercayaan DRPM-RISTEK DIKTI

Awal tahun 2018, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (LPPM-ITATS) mendapat kado istimewa dari Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kementrian Riset dan Teknologi ( DRPM-Ristek Dikti. Kado tersebut adalah pengumuman tentang judul proposal penelitian dan pengabdian yang didanai DRPM Kementrian Ristek-Dikti. ITATS melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM-ITATS) mendapat amanah untuk melakukan 67 judul penelitian dan pengabdian dengan dana DRPM.

Menurut Dr Agus Budianto, MT kepala LPPM ITATS, kepercayaan dari DRPM Kementrian Ristek Dikti ini merupakan kepercayaan yang sangat membanggakan, dimana berdasarkan data yang kami miliki ITATS merupakan PTS di Surabaya yang mendapat judul terbanyak penelitian dan pengabdian yang didanai oleh DRPM ristek-dikti. Dari 67 judul penelitian dan pengabdian terdiri dari 54 judul penelitian dan  13 judul kegiatan pengabdian masyarakat. Total dana yang disetujui dan digunakan untuk penelitian dan pengabdian masyarakat oleh para dosen ITATS ini hampir mencapai 3 milyar rupiah. Data menujukkan bahwa DRPM Ristek dikti meningkatkan kepercayaan dengan meningkatkan dana hibahnya 25% dibandingkan tahun 2017. Tahun 2017 LPPM ITATS mendapat hibah dari DRPM skitar 2,4 milyar rupiah.

Peningkatan kepercayaan DRPM Ristek_dikti ini menurut dosen yang sudah berpengalaman 22 tahun sebagai dosen ini dikarenakan tertibnya administrasi ITATS khususnya LPPM. Data tahun 2017 menujukkan tidak satu orangpun peneliti dan pengabdi dari ITATS yang lalai dalam melaporkan hasil penelitian dan pengabdian. Semua luaran, capaian penelitian, monitoring dan evaluasi serta publikasi dilakukan dengan baik dan tertip. Berdasarkan pengamatan beliau yang mendapat kepercayaan sebagai kepala LPPM sejak tahun 2016 itu ketertiban administrasi dan capaian luaran merupakan tata nilai yang telah dibangun ITATS sejak lama.

Peran serta dosen-dosen Jurusan Teknik Elektro telah berhasil memenangkan kompetisi penelitian dan pengabdian masyarakat, dengan jumlah signifikan hingga 90% dari jumlah dosen Jurusan Teknik Elektro, mendapat pendanaan Ristek Dikti melalui skema Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Hal ini merupakan salah satu bukti Kompetensi  dan komitmen dosen-dosen Teknik Elektro untuk kemajuan pendidikan dalam inovasi , serta dengan berulangkali terpilihnya ITATS sebagai PTS unggulan Jawa Timur.